Monday, March 11, 2019

liburan ke santorini thailand


Hai..

Sesuai Judul gw mau cerita tentang pengalaman gw ke thailand kemaren.
beli tiket gw dua bulan sebelum keberangkatan dan dapet harga lumayan murah di AIR ASIA dengan harga 6.500.000 untuk 4 orang PP.  Hotel RED PLANET ASOK harga 1.437.061 selama 3 malam .Dari bandara gw nyampe sekitar jam 8 malem di bandara don muaeng , dan jangan lupa kalian isi form imigrasi saat dipesawat. setalah melewati imigrasi kita beli simcard dulu buat online GPS gitu dengan harga 200 baht untuk 7 hari 7GB. Lalu itu kita jalan teruus sampe ketemu exit 6  terus naik bis A1 dengan harga 30 baht/orang bayarnya di dalem mobil nanti ada kondekturnya yang nagih uang.


Bus A1


tiket bus A1

dalam bus A1

Naik BUS A1 turun Di MOCHIT BTS dan naik BTS Tujuan ASOK(karena gw turun di asok)

BTS thailand
Mo Chit BTS 


beli tiket dulu ya di bts..karena gak ada uang koin jadi kalian bisa tuker uang  koin dulu di tiket office, karena mesin tiket ini hanya menerima koin 1 baht,5 baht dan 10 baht aja.

ini ticket officenya ,kalian bisa tuker uang kertas  ke koin

klo udah tuker uangnya kalian bisa langsung beli ticket nya dengan harga yang tertera di tombol pembelian tiket 
tiket ini gk di tap ya tapi dimasukin ke tempat kayak atm gitu

masukin tiketnya ke tempat tiket yg diatas no G12 itu lho , tar dia keluar lagi di atasnya ,dicabut dulu tiketnya baru kebuka pintunya deh.
klo kita udah keluar BTS , caranya sama masukin lagi tiketnya tapi dia gk keluar diatasnya lagi langung diambil sama mesin pintunya ya jadi pintunya langsung terbuka.

hotel kita deket banget sama BTS cuma turun dari bts jalan kaki sebentar masuk Gang ,langsung nyampeeeeee hoteeel


Disini gw bahas hotel dulu, hotel deket banget sama BTS asok jd tinggal jalan sekitar 0,3 km aja jalan kedepan tinggal naik BTS aja  dan deket dengan  Mall Terminal 21. untuk kamar yaa kecil sih tapi biasalah namanya juga hotel budget kan, fasilitasnya agak kurang sih gak ada air mineral yang disediain di kamar dan termos listrik juga gk ada, bahkan toiletris aja gk ada cuma handuk dan sabun aja yang ada. tapi mereka menyediakan dispenser di receptionis jadi kalian bisa minta air panas atau biasa ke receptionis ajah.
red planet hotel thailand
Kamar RED PLANET HOTEL,Asok

Dengan perjalanan gw pertama kali kesana beda sama suami gw yang udah ke 3kalinya , gw tertarik belajar bahasa yang menurut gw penting2 aja kayak buat belanja, buat makan, buat nawar harga, belajar angka2 dr bahas thailand. sisanya gw cari tau tempat2 mana aja yang mau gw datengin.
tertarik sama namanya SANTORINI PARK , dan kemaren akhirnya kita sekeluarga pergi ke sana,,perlu gw ceritain gak gw kesana sama anak 2 dan suami yak..haha..

thailand
Santorini Park

Cara kesana itu kalian naik BTS turun di MOCHIT  44 baht setelah itu kalian bisa naik grab atau ojek ke MOCHIT BUS kemaren naik grabcar sekitar 111 baht ,kalo mau naik ojek sekitar 60 baht. setelah sampai kalian masuk kedalam terminalnya teruus tanya deh ke counter yang ada tulisan CHA-AM , ya karena lokasinya di CHA-AM, karena kemaren kita tiketnya keabisan ,kita disuruh ke building 2 paling belakang deket para MINI VAN parkir disana masih ada tiketnya jadi langsung beli tiket MINI VAN dengan harga 160baht/orang, anak di bawah 3 tahun blm bayar. 

MOCHIT BUS

nah untuk tiket ke cha am kalian masuk ke dalemnya bukan dibagian luar ini (pas mau beli tiket kita malah disuruh ke building 2 kebagian parkiran minivan langsung karena tiket disitu abis) 

ini contoh building 3 ..itu tuh di atas ada angka 3nya nah kalian tinggal cari angka 2 aja klo gk bisa baca huruf thailand hehe..gw gk sempet ambil photo soalnya (maaf ini juga ngambil di gugel hehe)


..disini parkir para mini van/ elp .


nah beli deh ticketnya, saat disana kita juga nanya aja sama orang yang pake seragam kayaknya sih supir  klo mau ke cha-am naik nya dimana terus dianterin sampai kebelakang untuk beli tiketnya, orangnya baik juga hahaha. setelah itu kita berangkat ke CHA-AM selama 3 jam  dijalan, setelah disana kita diturunin di sebrang jalannya ,cari aja kolong jalan disitu kita jalan aja ,,kolong jalannya gk kayak kolong jembatan yang kotor dia bisa juga dilewatin mobil motor juga, jadi tenang aja lewatnya , jangan nyebrang diatasnya ya mobilnya jalannya kenceng2 kayak jalan tol. daaaaan kita nyampe deeeh di santorini park.

thailand
santorini park

Jalan terus ke dalam yaaaa cari lokasi untuk pembelian tiket, harga tiket masuk 150baht untuk 1 orang, usia 3 tahun kebawah gratis. dan free tiket untuk naik permainan didalamnya. 

tiket santorini

tiket santorini 150Baht/orang


free ride ticket tiap satu tiket masuk/orang

Dalam santorini banyak banget spot bagus2 dan banyak yang kedalam cuma buat photo2 doang, tapi yang mau beli makanan , es krim, souvenir silakan banyak juga ko, cuma klo gw gk beli apa2 hahaha,,gw cuma beli es krim 99 baht dan sticky mango rice aja dengan harga155 baht , setelah itu keliling2 lagi cari spot photo..alhamdulillah didalam santorini park ada musholanya jadi kita solat jamak dzuhur  dan ashar disana , karena niatnya jam 3an kita balik lagi ke bangkok dan jaraknya jauh lagi jd kita jamak aja. klo makanan kenapa kita gk makan karena gk ada yang halal, saat kita mau beli burger ayam aja penjualnya bilang klo disini gk halal dan digoreng bareng sama pork jadi kita cuma beli minum aja deh.




Miffy Garden masih di santorini


setelah puas jalan2 keliling2 kita akhirnya pulang , untuk dapetin MINI VAN lagi ,kita datengin dulu ke information center dibagian depan tadi pas kita dateng 

nah disini kita bilang kita mau naik mini van untuk balik ke bangkok , nanti ditlp mini vannya buat jemput kita disini dengan harga sama seperti tadi 160 baht/orang.

Pulang dari santorini kita langsung mampir ke terminal 21 tadinya mau nyari makanan tapi ternyata makanan halalnya gak ada, ada sih AW, KFC,MC D tapi disana gk halal soalnya ada pork nya juga jadi kita makan roti with egg yang jualan dipinggir jalan harga 20 baht , bentuknya kayak martabak klo kata gw mah ,,cuma manis karena di siram susu.


besoknya kita berangkat ke WAT ARUN  RAJWARARAM ( The Temple Of Dawn)  cara kesana kita naik BTS ke Saphan Taksin dengan harga 26 baht, setelah itu kalian jalan ke  EXIT 2 terus turun ,jalan lagi untuk beli tiket perahu yang ke arah wat arun yaitu ORANGE FLAG ya..harga 15 Baht. Awalnya kita hampir aja mau beli yang chao praya touris dia lebih mahal sekitar 50 baht. tapi akhirnya kita melihat meja yang ada tulisannya ORANGE FLAG..

nah kita belinya disini ya ,untuk ke wat arun 

setelah dapet tiket kita antri nunggu perahu datang , setelah di perahu nanti ada kondektur yang nanya tiket kita dan di robek , setelah sampai wat arun nya kita beli lagi ,tiket masuk kedalemnya itu 50 bath/orang, anak2 gk bayar..

tiket wat arun

Diharapkan yang mau ke Wat arun harap berpakaian tertutup, karena yang pake pakaian celana pendek, atau rok pendek, atau tanktop, atau apalah yang baju terbuka tidak diperkenankan masuk, klo pun mau masuk kalian harus beli dulu baju atau celana panjang didepan deket loket tiket.





Di wat arun ini ada tempat belanjanya juga malah para penjualnya udah fasih banget bahasa indonesianya jadi yang gak mau ribet belanja pake bahasa inggris coba aja belanja di wat arun.
abis itu gw dan keluarga nyoba buat nyebrang ke wat pho dengan harga perahu 4baht/orang anak2 bayar semua. disana ada juga tempat belanja, terus makan2an , jualan es krim , buah2an  juga.tapi gw gk masuk ke wat pho nya  cuma jalan2 disekitar nya aja,,abis itu balik lagi deh nyebrang ke wat arun untuk naik boat ke saphan taksin  dengan harga yang sama juga .

Dari Wat arun kita ke mall PLATINUM dan PRATUNAM , naik BTS ke arah Chit-LOm abis itu kalian jalan ke arah Saparong 500m abis itu keliatan mall Platinumnya . disana banyak baju2 baguuuuus, tas, sepatu dan masih banyak lagi ...dan sekalian nyari foodcourt yang halal dan ketemuuuuuuu juga akhirnya  di zone 2 ya klo mau nyari makan di mall paltinum ..karena mall platinum ada 4 zone klo gak salah ya hehe..
dari platinum kita berniat mau ke chocolate Ville naik grabcar dengan harga 321+ tol 70 baht. mahaal ya ...klo mau murah katanya sih ada bis ke arah sana , tapi karena gw juga nyari yang gampang aja jadi pake grab.


Masuk ke Chocolate Ville ini gratis , karena memang cuma lokasi tempat makan aja sama spot photo yang bagus2, tapi sayangnya buat gw disini gk bisa makan karena makanan halalnya susah, cuma photo2 aja sama nyemil2 cantik.







Karena ujan gedee sorenya kita langsung naik taksi ke asiatique dan 500baht aja gituuu bayarnya muaaaahaaaaaaal.....tapi yaa gak ada lagi , grab gak ada yang mau juga pas nyoba. hmm..ya udahlah daripada gk ke asiatique juga ,karena ada titipan tetangga beli sabun  beras jadi gw kesana , gw kesana juga gk beli apa2 sih ,gk banyak beli2an oleh2,,buat sendiri aja hahaha (pelit banget ya). gw tipenya males beli banyak barang dan gak mau ribet bawa barang banyak plus irit juga kan hahaha.
 abis di asiatique balik deh ke hotel dan beres2 buat paginya langsung ke bandara don muaeng . kita ke bandra naik taksi ,dipanggilnya lewat receptionis hotel dan pakai taxi meter gk tawar2an harga  jadi dapatnya murah deh 235 baht plus jalan tol 70baht aja. 

TIPS gw klo mau pae taxi sebaiknya minta pake meter ya jangan ditawar2 gitu jadi gk mahal jatohnya. 

Akhirnya pas pulang di bandara ketemu makanan halal..yeeey ketemu sarapan 



ini dia Prawn fried rice 120baht aka nasi goreng udang
 rasanya yaa lumayanlah buat isi perut kosong 


kalian bisa belajar bahasa thailand yang sekiranya diperlukan disana 

misal (gw nulis cara dibacanya aja bukan tulisan aslinya ya )
 Nanya harga 
 ini harganya berapa ?= Anni Tolai ka/kap ? ( ini tulisan cara bacanya aja ya )

berapa ?= Tolai ka/kap?

bisa turun gak harganya?= Lot noy dai mai ka/kap?
20 bath aja mau gak ? = yiisiip bath dai mai ka? 
klo dia jawab dai mai berarti gk mau

KA/KAp ini kata kesopanan untu cewek Ka untuk cowok KAp

kayak 
Sawadi ka untuk cewek = halo/selamat datang
sawadi kap untuk cowok

terima kasih = Kop kun ka /kop kun kap

chai = ya 
ka /kap = iya 
tidak mau = mai chai
dai = boleh 

maaf = Ko tod ka/kap

Khun = bpk/ibu  (panggilan sopan )

belajar angka 
1=neung
2=song
3=sam
4=sii
5=haa
6=hok
7=jet
8=pet
9=kao
10=sip

11=sip et ( untuk angka  belakangnya satu di tambah et ) 
12=sip song ( 10 sip + 2 song =  12sip song )
13= sip sam
14= sii sip
15= sip ha
16 = sip hok
17 = sip jet 
18= sip ped 
19=sip kao
20= yii sip
21= yii sip et (sama seperti diatas yang angka 1 di tambah et )
22=yii sip song

30=sam sip (3 sam + 10 Sip= 30 sam Sip)
31=sam sipet
32=sam sip song 

100 = neung roy /neung loy (orang sana biasanya r berubah jadi L )
200= song loy
300=sam loy
390=sam loy kao sip - dan seterusnya 
1000= neung pan 

apa = arai na?/ alai na?

sudah =lew

sisanya kalian cari tau sendiri lah yang kira2 kalian butuhin buat ngomong disana.


Kalau di total jajan disana sama makan ,sama belanja itu  8.815 baht x 450 rupiah =  Rp.3.966.750
nah segitu dah jajan disana plus belanja yang sekiranya aja untuk ber 4 ya..
itu juga gw masih ada sisa 1600 baht  lah ..
klo ditotal sama ongkos pesawat dan hotel  jadi  11.903.811
caranya cicil beli tiket pesawatnya dulu  3 bulan sebelumnya atau beberapa bulan sebelumnya, setelah itu bisa ngumpulin lagi tabungan buat bekal jajan dan belanja disana ,klo gw sih gitu nyicil2 nyiapinnya.


semoga bermanfaat yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa........




Fasha Holiday . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates