Sunday, February 18, 2018


Buat paspor online sekarang ada yang baru lagi, mungkin tahun lalu lebih mudah pendaftarannya buka imigrasi.go.id buka layanan paspor online langsung isi biodata pemohon lalu kita dapat pengantar untuk bayar ke bank. Sekarang ada aplikasi yang katanya lebih memudahkan calon pembuat paspor agar tidak perlu mengantri lama di kantor imigrasi. 
Kali ini saya mencoba daftar perpanjang paspor untuk anak. saya buka web IMIGRASI lalu buka "layanan publik' lalu klik "paspor Biasa " setelah itu cari "layanan paspor online '' klik lagi dibagian ONLINE SERVICE ada keterangan "Layanan Antrian Paspor Online"
keluarlah gambar seperti ini
kalian harus membuat akun terlebih dahulu, klik "pendaftaran" yang ada diatas kata "masuk"
setelah itu isi data sesuai dengan KTP ya. tunggu verifikasi yang dikirim lewat email.

Setelah diverifikasi kalian bisa masuk ke akun tersebut langsung di home/list Kanim. disana klik bagian buat permohonan , pilih kantor imigrasi yang kalian mau datangin ya.

pilih kantor imigrasi yang kalian mau datengin lalu klik "buat Permohonan" 

isi tanggal hadir dan jumlah pemohon

isi nama pemohon yang akan buat paspor dan no NIK sesuai KTP ya, lalu jangan lupa isi 'keterangannya' ,misal jika yang mau buat adalah sipemilik akun berarti isi nama pemohon sama dengan pemilik akun berarti keterangnya "Pribadi", jika pemohonnya adalah anak, isi nama antrian dengan nama anak
 dan keterangannya di ganti menjadi "anak", dan berlaku buat suami,istri, ayah/ibu. satu akun bisa mendaftarkan 5 pemohon .


untuk cek jam brp harus dtg, klik "daftar permohonan" bagian terakhir yg ada di gambar nanti akan keluar gambar seperti di bawah ini

jika sudah berhasil kalian bisa langsung liat di ''daftar permohonan anda", disana tertera no antrian/kode antrian , tanggal dan jam yang harus kalian datengin. 
kode antrian tersebut ada barcodenya yang akan kalian perlihatkan ke petugas imigrasinya, dan antri untuk sesi pengecekan pemberkasan, wawancara dan photo. 

Aplikasi ini hanya bisa di download di android, klo yang iOS sebaiknya buka di safari aja buka webnya langsung. Klo diliat sih mungkin aplikasi ini agar tidak terjadi penumpukkan antrian dari pagi ,jadi dikasih tanggal dan jam antrinya ,dan tidak perlu menunggu lama. Masalahnya disistem ini untuk pemilihan tanggal agak sedikit terhambat banyak yang mengeluh tanggal tidak tersedia semua, jadi bikin kesel setelah cari tau caranya kalian bisa langsung datengin kantor imigrasinya dan minta tolong satpamnya untuk bisa bantu log in ke akun imigrasi dan dapet tanggal antrian atau kalian bisa buka web nya saat hari minggu biasanya tanggal tersedia tapi gk banyak hanya 4 pilihan aja.  
jadi menurut kalian enakan buat paspor online tahun sebelumnya atau sistem aplikasi baru sekarang?????











Fasha Holiday . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates