Wednesday, February 1, 2023



 Hai baru ngisi lagi blog ini setelah sekian lama gak ngeblog. Sekarang mau cerita cara terbaru buat Paspor ditahun 2023. Ini Perpanjangan Paspor sih ya, secara Paspor udah expired dari tahun 2021. Terakhir dipake tuh tahun 2019 itu Paspor, abis itu langsung pandemi covid yang buat kita gak bisa kemana-mana alias LOCKDOWN. Alhasil Paspor nya disimpen aja sampe ketemu tanggal kadarluarsanya. Karena berpikir banyak persyaratannya kalau mau keluar di tahun 2020 harus swab/antigen dan lain-lain jadi kita perpanjangnya tar-tar an ajah hehe. Nah baru dilaksanakannya tahun ini untuk perpanjangan paspor.

Okelah langsung simak dan catet atau screenshoot nih persyaratan apa yang harus disiapkan untuk perpanjangan Paspor tahun 2023. 

Sebelum kalian dateng ke lokasi , untuk pendaftaran buat paspor itu lewat ONLINE, Jadi kalian harus download aplikasi M-Paspor terlebih dahulu lalu buat akun. Setelah itu masukan data2 persyaratan seperti upload poto2 berkasnya kayak poto e ktp, poto KK, poto paspor lalu upload .Jika data sudah masuk tinggal pilih tanggal. Biasanya pilih tanggal ini suka bermasalah gak bisa pilih tanggal karena sudah penuh terus, tapi kalian bisa cek terus secara berkala di hari jumat pagi biar bisa pilih tanggal. Kalau tetep gak bisa berarti sudah penuh dalam satu bulan , kalian cek lagi nanti mendekati akhir bulan untuk pilih tanggal di bulan selanjutnya. Ingat harus rajin ceknya ya, karena emang segitunya bikin kesel 🤣 tanggalnya  penuh terus. Lalu setelah pilih tanggal, selanjutnya pilih Kantor Imigrasi yang kalian mau datengin. Dan gw  pilih Kantor Imigrasi Karawang. Untuk Imigrasi karawang blm bisa buat E-paspor ya. 

oke catet Persyaratannya ya, untuk dewasa jika sudah memiliki paspor, kalian cukup bawa paspor lama kalian, E-KTP, dan Materai 10.000 1 aja.Nanti potokopi paspor lama dan E-KTP di koperasi imigrasi aja biar gak salah potokopinya, karena potokopi dikoperasi imigrasi tuh udah paham harus gimana. E-KTP nya harus  ukuran besar dalam satu HVS. 

Persyaratan perpanjang/buat baru paspor anak yaitu Paspor lama(jika sudah punya) , paspor kedua orang tua, buku nikah, akta lahir anak, E-KTP kedua orang tua dan Kartu keluarga. Masing dipotokopi satu2, Untuk potokopi E-KTP orang tua harus satu lembar atas bawah. Makanya disarankan kalian potokopinya dikoperasi imigrasinya aja , karena tukang potokopinya udah ngerti. kalian tinggal kasih berkas Persyaratannya aja ke abangnya ya. (kenapa gw nyaranin potokopi dikoperasi imigrasi biar kalian gak salah guys, karena tadi banyak orang salah potokopinya jadinya bolak balik dan buang2 waktu gt) 

Setelah udah dipotokopi nih berkasnya , kalian tinggal masuk kedalam tapi pastikan kalian sudah mendaftar lewat ONLINE . Yaitu lewat M-paspor yang kalian harus download dulu aplikasinya.Daftarnya gak bisa dadakan ya atau on the spot. yang diperbolehkan on the spot untuk pendaftaran hanya Prioritas ( Ibu Hamil, LANSIA(diatas 60th)  Balita dan difabel) Untuk pendaftaran online harus selalu cek secara berkala, cek tiap jumat pagi karena selalu direfresh saat itu. pokoknya harus rajin cek aja. Udah paham sampai sini ?..ada pertanyaan?🤭

untuk satu akun bisa buat 4-5 pemohon ya jadi bisa satu keluarga hanya satu akun 

Nah permasalahan selanjutnya yang sering terjadi saat daftar ONLINE itu, saat melakukan pembayaran. Saat ini pembayaran bisa dilakukan via mobile banking, Via ATM atau langsung ke kantor pos. pembayaran yang gw pilih M-banking Mandiri. Nanti disitu setelah kita berhasil daftar keluar Kode billing yang nantinya kita pakai buat pembayarannya. pembayaran paspor sebesar 350.000. 


disini ada kode billingnya, untuk pembayarannya satu2 ya masukin kode billingnya gk bisa digabung semua pemohon jadi satu pembayaran, Gak bisa!

setelah pembayaran kita tinggal menunggu status pembayarannya berubah menjadi "sudah dibayar" , kita tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran, jadi kita menunggu status pembayarannya berubah aja, kadang udah 1 hari suka blm berubah juga, malah kadang error aplikasinya. Tapi tenang guys, Resi pembayarannya jangan dibuang, kalian print dan nanti disertakan dipersyaratan. 

Punya gw juga gitu tadi, malah gk bisa dibuka M-paspornya jadinya diprint di kantor imigrasi nya langsung hehe. Gw buat 4 permohonan paspor, 3 permohonan ada tanda bukti pembayarannya , 1 permohonannya pakai bukti Resi pembayaran. itupun diprint nya pada saat pengecekan berkas dibantu sama petugasnya karena aplikasi M paspornya error dari pagi.


Setelah berhasil daftar online. print yang harus diprint ya yaitu bukti pembayaran tadi , nanti ada email atau barcode yang harus kalian buka di aplikasi M-paspor. dan Siapkan persyaratan yang disebutkan diatas tadi ya. jangan sampai ada yang ketinggalan biar kalian gak bulak balik ke kantor imigrasi. 


oke kita lanjutin lagi, setelah kalian potokopi persyaratan di koperasi imigrasi kalian bisa langsung masuk ke kantornya. Nanti kalian ambil “Surat Pernyataan “di CS atau meja yang disebelah pintu masuk ini.

disini ambil surat pernyataan dan no antrian , antri aja tar juga petugasnya ngerti kita butuh apa🤭



ini surat pernyataan untuk dewasa, setelah selesai selipkan ke masing2  paspor lama

ini surat pernyataan untuk anak2 isinya  masing2 anak ada 3 lembar di isi dan ditanda tanganin kedua orangtua dan membutuhkan 3 materai 10.000

jangan lupa bawa alat tulis dan Lem buat ngelem materai guys



setelah diberikan masing-masing 1 surat pernyataan untuk dewasa , dan 3 surat pernyataan untuk anak-anak dan ambil no antrian.. kalian isi surat pernyataan tersebut, sekalian ditempelin materai 10.000 jangan lupa bawa LEM biar gak perebutan pake lem disananya heheh. setelah diisi dengan lengkap, cek lagi ya, pastikan datanya benar. Setelah itu kalian menunggu antrian untuk pengecekan persyaratan disini
disini untuk cek pemberkasan yang kita bawa dan isi tadi, no antrian yg tadi dikasih  didepan untuk ngantri disini.
selanjutnya disana langsung di kasih Map kuning ini yg isinya berkas kita tadi dan no. Antrian untuk sesi wawancara dan poto.

Tunggu giliran untuk sesi wawancara dan poto

untuk persyaratan asli harap dibawa ya , nanti dicek lagi saat wawancara, tadi sih yang dicek yang berkas Aslinya hanya anak-anak aja seperti buku nikah kedua orangtua, Kartu keluarga, E-KTP orang tua dan akte anak. setelah itu wawancara ditanya mau pergi kemana, tujuannya apa, waktunya kapan, terus kalau anak-anak diwawancaranya hanya ditanya nama nya siapa, tanggal lahirnya kapan, nama orangtua siapa, udah gitu aja. abis itu sesi poto, dan biometric. Akhirnya selesai buat perpanjangan paspornya, tinggal nunggu paspor jadi , tunggu sampai 3 hari kerja aja. Paspor sekarang masa berlaku untuk dewasa 10 tahun dan untuk anak-anak 5 tahun 

Untuk pengambilan paspor suami bisa diwakilkan oleh istri atau sebaliknya hanya membawa KK aja. jadi kalau masih dalam satu kartu keluarga tidak perlu surat kuasa, Cukup membawa KK aja untuk bukti saat pengambilan paspor. 

Ingat untuk pemohon yang mau ke kantor imigrasi memakai pakaian yang sopan ya, jangan pakai celana pendek dan sendal jepit guys tar diusir. beneran karena ada aja yang pakai gitu kekantor imigrasi. 


Setelah 3 hari kerja  kalian bisa langsung ambil paspor ke kantor imigrasi

 



daftar untuk ambil nomor antrian terus tinggal tunggu aja buat di panggil, untuk pengambilan paspor diatas jam 2 ya

ambil di bagian pengambilan paspor, jangan lupa bawa bukti pengantar pembayaran yg kemaren di kasih saat poto dan wawancara


kalau ada yang belum jelas silakan ditanyakan ya,dengan senang hati gw jawab kalau tau jawabannya hehe..






Fasha Holiday . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates